INFO PENTING

Senin, 20 Juni 2011

Social Networking atau Social Advertising ??

Facebook yg mulanya diciptakan untuk kegunaan jejaring pertemanan,
Eh…….. terakhir2 ini malah dijadikan jejaring periklanan …

Lihat saja di Beranda Facebook anda….atau malah di Dinding Facebook anda….
Begitu banyak yg tag foto ke anda….tag foto itu mereka jadikan iklan….
Yang bisa lihat tag foto itu adalah teman2 dalam jaringan anda…
Nah lewat jaringan anda,  mereka beriklan ria…dgn gratis pula…..

Memang biasanya mereka memilih untuk add anda yg cukup ‘populer’ artinya anda yg punya teman cukup banyak….kalau anda punya teman sedikit mereka agak enggan ngetag foto ke anda….
Kenapa pilih yg populer ?? Anda bisa bayangkan, bila teman anda sekitar seribu orang, maka dengan men tag foto iklan ke anda, maka mereka beriklan kepada seribu orang dalam jaringan anda….dengan gratis..


Sehingga tdk heran, akun facebook public figur paling sering di tag…. Bayangkan jika iklan itu ditag ke akun seorang gubernur misalnya….. Untungnya facebook membatasi jumlah pertemanan, satu akun hanya boleh berteman dgn 5000 orang saja…..Bahkan tag foto pun dibatasi, kalo tdk salah 1 foto hanya boleh ditag ke 50 akun saja…..

Bayangkan dgn tag ke 50 akun yg rata2 punya pertemanan 1.000 orang, berarti mereka telah beriklan ke 50 x 1000 orang….hehehe. 50.000 orang bisa lihat iklan mereka…. Jika yg tertarik Cuma 0,1 % itu berarti 50 orang yg tertarik…hehehe.

Yang celaka kalau iklan itu adalah penipuan……
Berarti akan ada 50 orang yg bisa tertipu…..
Dan anda yg ditag foto iklan penipu itu ikut menyebarkannya……………….
Dan akan kebagian dosanya juga………..hehehe

Saran saya, hati-hatilah bila anda ditag foto2 iklan, kalau anda mengenal betul si penjual, mungkin tidak ada masalah....
tapi bila anda tdk mengenal org yg tag foto ke anda, dan anda khawatir kalau2 teman2 dalam jaringan anda  tertipu, sebaiknya anda blokir saja orang2 yg sering tag foto iklan yg patut dicurigai sebagai penipuan seperti itu….

Kembalikan Facebook sebagai Jejaring Sosial, bukan Jejaring Bisnis, apalagi Jejaring Penipuan….
Di Jejaring Sosial orang memandang teman sebagai tempat berbagi (share)..
Di Jejaring Bisnis orang memandang teman sebagai prospek atau konsumen…..
Di Jejaring Penipuan orang memandang teman sebagai calon korban….

Semuanya terserah Anda………………..
mau komentar juga boleh..............


Tidak ada komentar: