INFO PENTING

Kamis, 10 Maret 2011

Pengalaman Ngompreng




jalan Layang Tumbang Nusa
Sudah pernah ku ceritakan bahwa, dua orang anakku berada di Martapura Kalsel...mereka menuntut ilmu disana... Sebagai akibatnya, aku harus pulang pergi ke Martapura, paling tidak sebulan sekali... dulu waktu masih awal2, terkadang sebulan sampai 3 kali aku ke Martapura...


Biasanya aku berangkat pagi dari rumah sekitar pukul 8.00 WIB paling lambat.. Kadang aku sendirian, terkadang istri dan anakku yg paling bungsu ikut juga, tapi karena istriku mengajar dan anakku mesti masuk sekolah, mereka berdua agak jarang ikut.. Aku sendirilah yg paling sering pergi menjenguk kedua anakku..



Kadang ketemu juga jalan yg sedang diperbaiki..
Ini di Kab. Pulang Pisau setelah jembatan Tbg Nusa
Mengendarai mobil tua ku (keluaran thn 2001), perjalanan itu kutempuh dalam 9 - 10 jam, termasuk istirahat dijalan tentunya... Dari tempatku di Parenggean ke Palangkaraya ku tempuh dalam waktu 3,5 jam nonstop...Istirahat makan atau mampir ke rumah orangtua ku di Palangkaraya..kalau Cuma istirahat makan paling 30 menit, tapi kalau mampir ke rumah orang tua ku paling tidak aku istirahat sampai 1 jam..


Perjalanan dilanjutkan, Palangkaraya - Kuala Kapuas memakan waktu hampir 2,5 jam...dan dari Kapuas ke Martapura, tanpa lewat banjarmasin sekitar 2,5 jam... Jadi hampir magrib baru aku sampai di tempat tujuan.... Kebayangkan capenya ???


Nah ini bunderan Kuala Kapuas..
Maaf fotonya miring, njepretnya
sambil nyetir...
Kalau pergi bersama keluarga, biasanya aku ajak anakku yg paling bungsu ngobrol sepanjang jalan.. Ada saja bahan obrolan kami, mulai dari tiang listrik sampai garis marka jalan...hehehe. Dengan logika anak kecilnya, obrolan kami terasa asik dan dapat menghalau kantukku... Sementara istriku, biasanya sdh tertidur pulas di kursinya...


Masalahnya kalau aku sendirian yg berangkat..., gak ada teman ngobrol di jalan ???
Nah kalau ini...Bundaran Banjar Baru...
Untuk mengatasi ini, biasanya aku putar musik keras2, kadang aku juga ikut menyanyi, biar gak ngantuk aja.. Oh, ya.. koleksi CD di mobilku gak pernah lagi update, karena biasanya kalau aku beli CD, anakku perempuan yg memilihkan CD mana yg dibeli... Kalau aku yg beli, paling2 lagu2 lama yg aku kenali, kaya MLTR, Kompilasi lagunya MJ, Ermy Kulit, Nicky Astria, God Bless juga aku punya CD nya... ada juga kompilasi album Power Metal... Kalau penyanyi anyar paling2 aku kenal Ungu... Nah mereka inilah yg nemanin aku di perjalanan... Kalau lg ngantuknya agak berat, biasanya God Bless dan Power Metal, atau House Music yg kuputar..tapi kalau suasana nya lg enak bisa juga MLTR atau bahkan Ermy Kulit, ..........lagu dangdur ?? Ada juga.. Album Sonet2 Band...waktu ku beli anakku yg paling bungsu yg milih..hehehe. Kalau sdh bosan biasanya ku scanning radio, barangkali ada stasion radio lokal yg tertangkap....sayangnya hanya mendekati Banjarmasin baru channel FM radio bisa ada pilihan..
Nah ini gerbang Martapura...
Batas antara Banjarbaru sama Martapura cuman gerbang ini...
Bayangkan kalau punya tanah pas dipotong sama garis gerbang ini,
kan repot...tanah yg sebelah Sertifikatnya dikeluarkan sama BPN
 Pemko Banjarbaru, yang sebelahnya dikeluarkan BPN Martapura.


Kembali ke laptop..eh ..cerita perjalanan...
Saking seringnya melewati jalan Trans Kalimantan Lintas Selatan itu, akupun hapal, dimana bisa ngebut, dimana mesti hati2... dimana banyak tikungan tajam..dimana banyak lobangnya, nah kalau yg ini banyak sekali..hahaha


Bagaimana dgn BBM ?? Wah, dengan mesin 2000 cc, bensin memang rada boros, apalagi aku punya kebiasaan menyetir dengan kaca tertutup, yg artinya AC mesti full... Tanki yg isinya 45 liter bakalan habis sekali jalan, jadi kalau pulang pergi sekitar 2 tanki.. duitnya ?? kalikan aja sendiri ....






Nah ini parkiran Pusat Pertokoan Batu Permata di Martapura..
Ada pengalaman menarik selama aku pulang pergi sendirian...
Pas pulang dari Martapura, ketika melewati Pulang Pisau aku disetop sama ibu2 (mungkin dikiranya mobilku ngompreng) yg membawa 2 anak balita, satu dituntun satu digendong, tangan yg lain memegang tas.. Karena kasian, aku pun berhenti dan menanyakan hendak kemana ibu itu.. Dia bilang hendak ke Palangkaraya...tapi mereka serombongan katanya, eh ternyata di warung dibelakang orang tadi ada sekitar 7 orang yg rupanya rombongan ibu tadi.. katanya mereka ditinggal kendaraan umum yg kepenuhan.. Setelah nego ongkosnya, akhirnya ku suruh masuk aja semua... Lumayan kupikir, dapet 150 ribu.... hehe. Tapi ya ampun........... penumpang2 itu minta kaca dibuka, minta AC dimatikan, minta lagu dangdut...mate aku....


Mulai saat itu, malas rasanya ikutan ngompreng....hahaha.
Mending mobilnya kosong deh, drpda makan hati..............






Tidak ada komentar: